Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Uncategorized » Jakarta » Kampanye Prabowo di Gerbang Bung Karno Luber Sampai ke Jalan (3-3) » Kampanye Prabowo di Gerbang Bung Karno Luber Sampai ke Jalan (3-3)

Kampanye Prabowo di Gerbang Bung Karno Luber Sampai ke Jalan (3-3)

(174 Views) Mei 9, 2019 9:21 am | Published by | 1 Comment

Safitri Ahmad : writer, landscape architect, urban planner.

Analisis Kemacetan di Sekitar GBK

Sebelumnya sudah dilakukan rekayasa lalu lintas di sekitar GBK (lihat peta) :
Kendaraan dari arah Semanggi diarahkan lurus ke arah Slipi. Jalur ini menjadi padat dan macet karena sebagian kendaraan parkir di jalur ini, dari pantauan di jalur layang ladogi, dari Semanggi sampai Slipi. Sedangkan kendaraan dari Slipi ke arah Semanggi, lancar dan lenggang. Sedangkan, dari jalan layang landogi sampai Jl. Gerbang Pemuda macet total. Banyak kendaraan yang terjebak di bagian tengah jalan.

Jl. Gatot Subroto ke arah Slipi di jalur lambat macet total pada kampanye prabowo sandi GBK.

Kondisi jalan layang ladogi dijadikan parkir motor dan kendaraan roda empat terjebak macet pada kampanye prabowo sandi GBK.

jalur kendaraan yang akan keluar senayan setelah acara masih tertahan tidak bergerak.



 

GBK dikelilingi oleh
Jl. Asia Afrika (pintu 1, pintu 2, pintu 3)
Jl. Pintu Senayan Satu (Pintu 4, Pintu 5)
Jl. Sudirman (Pintu 6, Pintu 7)
Jl. Gatot Subroto (Pintu 7, Pintu 8)
Jl. Gerbang Pemuda (Pintu 9, Pintu 10, Pintu 11, Pintu 12)

Pada hari Minggu itu, Jl. Sudirman ditutup karena car free day, otomatis, kendaraan masuk GBK, dari pintu ke-empat jalan yang lain. Tapi, dari 12 pintu menuju GBK, kemungkinan hanya pintu 1, 4, dan 10 yang dapat dilalui oleh massa kampanye (jalur untuk umum), untuk masuk di dalam Senayan. Pintu yang lain hanya digunakan untuk kendaraan khusus (tidak massa kampanye).

Rincian Kantong Parkir yang Disiapkan Saat Kampanye Akbar Prabowo-Sandi di GBK di dalam dan di luar Senayan. Di dalam Senayan ; Tempat parkir Hellypad (200 bus), parki Timur sisi Utara (200 bus), Parkir Timur sisi Selatan (200 bus). Luar Senayan ; Areal Gedung DPR, sepanjang Jl. Asia Afrika, sepanjang Jl. Gerbang Pemuda, halaman parkir Gedung Manggala Wanabakti, sepanjang Jl. Gatot Subroto, dan di sepanjang Jl. Tentara Pelajar. http://wartakota.tribunnews.com/2019/04/06/rincian-kantong-parkir-yang-disiapkan-saat-kampanye-akbar-prabowo-sandi-di-gbk-besok

kampanye prabowo dan jalur lalu lintas di GBK

https://news.detik.com/berita/d-4506791/ini-rekayasa-lalin-di-gbk-saat-kampanye-akbar-jokowi-sabtu-13-april



Walau tidak mengitari jalur jalan di sekitar GBK, tapi dari kondisi jalur jalan di Jl. Gerbang Pemuda (pintu 10) jalur yang saya lalui, kemungkinan besar Jl Asia Afrika dan Jl. Pintu Senayan Satu mengalami kepadatan yang sama. Menurut info dari social media, kemacetan mencapai Jl. Hang Lekir. Akan tetapi, pasti ada satu jalur yang diblok agar Prabowo dan rombongan dapat dengan mudah masuk dan keluar dari GBK. Jalur yang terbebas dari parkir kendaraan, tidak seperti Jl. Gerbang Pemuda, yang dijadikan tempat parkir, sehingga kendaraan sama sekali tidak bisa jalan.

Mengurai kendaraan yang parkir di ruas Jl. Gerbang Pemuda dan Jl. Asia Afrika pasti akan sulit, karena arus jalan yang searah. Berbeda dengan ruas jalan Pintu Senayan Satu, kendaraan yang parkir di area ini bisa langsung menuju Jl. Sudirman (setelah car free day, pukul 11:00 WIB).

Analisis Sampah

Tempat pukul 10:00 WIB kurang lima menit, saat saya berdiri di balkon atas, saya melihat petugas kebersihan pemprov DKI mulai mengangkat plastic sampah dan memasukkan ke dalam truk sampah. Truk sampah sudah terparkir, sepertinya sebelum massa kampanye datang, truk sampah sudah bersiap. Pekerjaan petugas kebersihan lebih mudah, karena semua sampah sudah dimasukkan ke dalam plastic hitam dan diletakkan berkelompok, truk berjalan menyusuri jalur dan petugas sampah mengambil dan memasukkannya ke dalam truk. Selama dari rumah sampai pulang, saya tidak melihat sampah berjejeran. Semua sudah dimasukkan ke dalam plastic-plastik sampah.

Dalam sebuah kerumunan sampah tidak bisa dihindari. Akan tetapi, ada perbedaan mendasar dari beberapa kerumunan yang terjadi di Jakarta, kerumunan yang dimobilisasi cenderung membuang sampah secara sembarangan (tidak dikumpulkan dalam satu kantong plastic besar, sehingga memudahkan petugas mengangkat dan membersihkan lokasi acara). Selain itu, sampah yang berceceran tidak hanya menyebar di sekitar lokasi acara, tapi bisa mencapai 1 km dari lokasi acara, karena bus yang membawa rombongan melewati jalur tersebut dan penumpang membuah sampah menuju lokasi. Jelas ini menambah beban pekerjaan Dinas Kebersihan DKI Jakarta. Mereka harus menambah jumlah pekerja dan waktu kerja, agar lokasi bersih segera. Saya kira kurang dari 24 jam, Dinas Kebersihan DKI sudah menyulap lokasi acara seperti keadaan semula, bersih dari sampah.

 

sampah dikumpulkan dalam plastik besar dan dikelompokkan agar mudah diangkut kampanye prabowo sandi GBK.



Analisis Petugas Keamanan

Sepanjang perjalanan dari rumah ke GBK dan kembali ke rumah, saya hanya menemukan sekelompok petugas keamanan di pintu 10, tidak banyak, kurang dari 20 orang, dan beberapa mobil keamanan di sekitarnya. Setelah itu, di jembatan Semanggi, ada sekelompok polisi, berjaga-jaga di bawah jembatan semanggi dengan 2-3 truk polisi. Pukul 11:00 WIB, mereka bubar. Di dalam stadium utama GBK, saya tidak menemukan petugas keamanan, semua berpakaian putih-putih. Kondisi keamanan terkendali, semua orang merasa aman, jumlah petugas keamanan biasa, tidak berlebihan, tapi tetap ada penjagaan.

 

polisi mengitari lokasi kampanye prabowo sandi di GBK.

Analisis sarana dan prasarana di sekitar GBK

Dalam sebuah kerumunan, setiap orang pasti mencari ruang yang longgar, agar terlepas dari kerumunan tersebut. Mereka bergerak kemana saja asal bisa berpindah dan cukup aman, termasuk berjalan atau duduk-duduk di median jalan, menerobos pagar tanaman, dan duduk di tempat tanaman (planter box). Ini tentu menimbulkan kerusakan walau tidak besar/banyak tergantung kasus per kasus. Rumput dan tanaman merupakan bagian yang paling sering terkena dampak dari kerumunan yang tidak terkendali, karena paling mudah diterobos.

Jumlah toilet yang tersedia di GBK pasti tidak mencukupi, sehingga panitia menyediakan toilet tambahan berupa toilet mobil di beberapa titik. Selain toilet, kebutuhan air untuk wudhu disediakan oleh pemerintah provinsi DKI berupa mobil tangki air. Walau sebagian peserta membawa persediaan air sendiri di dalam botol yang dapat digunakan untuk wudhu.
Untuk keadaan darurat, Ditlantas Polda Metro Jaya menyiagakan mobil patroli, mobil derek, dan ambulans dalam acara itu.

 

Mobil kebakaran Provinsi DKI Jakarta digunakan untuk air wudhu dan cuci tangan.

Acara kampanye Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno di GBK, resminya dimulai dari pukul 6:00-10:00 WIB. Akan tetapi massa kampanye sudah berdatangan sejak malam, termasuk pedagang. Diperkirakan massa sudah berkumpul sejak pukul 22:00 WIB (tanggal 6 April 2019) sampai pukul 10 : 00 WIB (tanggal 7 April 2019). Massa yang datang dengan berjalan kaki karena menginap di sekitar GBK akan pulang atau datang lagi ke lokasi, artinya mereka tidak akan berada di lokasi tersebut selama 12 jam penuh. Akan tetapi, kemungkinan ada massa dari luar kota yang bertahan di lokasi lebih dari 10 jam, dengan berbagai alasan. Termasuk, massa yang memarkir kendaraannya di dalam GBK, mereka bertahan karena tidak memungkinkan keluar komplek, karena semua jalur padat, tidak ada jalan keluar.

Massa yang bertahan di GBK lebih dari 10 jam membutuhkan makan minum dan toilet. Sebagian panitia atau relawan menyediakan makan dan minum di booth yang telah disediakan, pada pukul 9:30 WIB saat saya mengitari GBK, masih terlihat beberapa relawan yang menyediakan makanan dan minuman. Selain itu, ada penjual makanan dan minuman yang berada di trotoar luar kompleks GBK.
Massa kampanye mengatur dan menyesuaikan diri dengan kondisi area atau lingkungan di sekitarnya. Tidak ada area tertentu yang terlalu padat yang menyebabkan mereka berdesak-desakan, mereka menyebar mencari area yang lowong untuk bergerak atau duduk. Rancangan GBK menyebabkan massa menyebar atau datang dari berbagai titik. Jika jalur dari arah Jl. Sudirman di buka (tertutup karena car free day), maka kemacetan/kepadatan kendaraan di sekitar Jl. Gerbang Pemuda, Jl. Asia Afrika, dan Jl. Pintu Senayan Satu lebih mudah dan cepat terurai.

 

penjual makanan di trotoar dekat pintu 7 kampanye prabowo sandi GBK.

massa kampanye antre makanan yang dibagikan secara gratis kampanye prabowo sandi GBK.

donatur yang menyediakan kopi dari perantau minang setelah acara.

 

 



1 Komentar for Kampanye Prabowo di Gerbang Bung Karno Luber Sampai ke Jalan (3-3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *