Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Uncategorized » Jakarta » Papan Petunjuk Menuju Kereta Bandara di Bandara Soekarno Hatta Tidak Memandu Secara Detil » Papan Petunjuk Menuju Kereta Bandara di Bandara Soekarno Hatta Tidak Memandu Secara Detil

Papan Petunjuk Menuju Kereta Bandara di Bandara Soekarno Hatta Tidak Memandu Secara Detil

(93 Views) Februari 9, 2019 9:29 am | Published by | No comment



Saya memutuskan mencoba kereta bandara dari Soekarno-Hatta. Pesawat Garuda mendarat di terminal 3 dari Padang. Saya sengaja tidak memesan tiket kereta bandara, melalui aplikasi, khawatir pesawat terlambat (delay). Benar saja, pesawat Garuda dari Padang ke Jakarta yang saya tumpangi terlambat (delay), beberapa menit.

Sampai di Bandara Soekarno Hatta, saya mencari papan petunjuk yang mengarah ke kereta bandara, tidak saya temukan, yang ada papan petunjuk menuju parkir. Saya ikuti saja papan petunjuk menuju parkir, berharap ada papan petunjuk yang mengarah ke kereta bandara, tetap tidak ada. Akhirnya saya bertanya pada pekerja di bandara (terlihat dari seragam yang mereka gunakan), kemana arah untuk naik kereta bandara. Mereka menunjukkan arah. Saya sampai bertanya kepada 2 orang untuk sampai ke skytrain (kereta yang menghubungkan semua terminal).

Dari skytrain saya turun, membeli tiket di vending machine, menggunakan kartu debet. Mudah. Panduan cara membeli tiket di vending machine jelas. Setelah itu menunggu kereta bandara datang.



Papan petunjuk yang mengarahkan penumpang dari turun pesawat menuju ke skytrain tidak (untuk kasus saya terminal 3). Apakah karena terminalnya masih baru (Oktober 2018), sehingga belum tersedia, atau memang tidak ada ? Saya sampai 2 kali bertanya pada petugas/seseorang untuk menunjukkan arah ke skytrain. Malah di beberapa area tertentu, tidak ada petugas/seseorang yang bisa saya tanya.

Tetapi, setelah di dalam skytrain dan di peron, banyak petugas yang membantu memberikan informasi yang dibutuhkan. Saya akan mengunakan kereta bandara lagi, karena cepat dan jadwal, serta waktu tempuh jelas dan tepat.

Dari segi fisik, jalur yang saya lalui dari turun pesawat hingga naik kereta bandara, dapat diakses penyandang disabilitas tuna daksa. Ada lift dan jalur ramp. Akan tetapi, untuk penyandang tuna rungu/wicara dan tuna netra, akan kesulitan (karena tidak ada papan petunjuk arah yang informative dan jelas). Sedangkan bagi penyandang tuna netra, tidak ada panduan berupa guiding block di lantai, dan petunjuk arah.

Safitri Ahmad
Writer, landscape architect, urban planner



No comment for Papan Petunjuk Menuju Kereta Bandara di Bandara Soekarno Hatta Tidak Memandu Secara Detil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *