Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Yogyakarta » Papan Petunjuk dan Transportasi Publik dari Bandara Adi Sucipto Yogyakarta » Papan Petunjuk dan Transportasi Publik dari Bandara Adi Sucipto Yogyakarta

Papan Petunjuk dan Transportasi Publik dari Bandara Adi Sucipto Yogyakarta

(104 Views) Februari 9, 2019 9:32 am | Published by | No comment

Saya ke Yogya tahun 2014, sendiri, setelah sekian tahun tidak ke Yogya. Karena tidak terburu-buru, saya ingin menggunakan transportasi publik menuju hotel di daerah Kali Urang. Menurut info yang saya dapat, jalur transyogya melalui hotel itu. Begitu turun dari pesawat, saya berjalan menuju pintu keluar, tak lama sudah terlihat petunjuk arah, jalur transportasi public yang ingin digunakan ; kereta api, transyogya, dan taksi. Kereta api hanya ada pada waktu-waktu tertentu dan akan berhenti di Malioboro.



Saya mengikuti papan arah menuju transyogya, papan penunjuk arah jelas. Tidak satu kali-pun saya bertanya ke seseorang yang ada di sekitar itu, bertanya arah menuju halte transyogya.

Setelah dekat terlihat halte transyogya, saya sempat dihampiri oleh tukang ojek. Ia bertanya, saya akan kemana? Saya jawab ke Kali Urang. Dia menawarkan untuk diantar, dan mengatakan bahwa Kali Urang dan bandara dekat, jelas ia berbohong, karena dari google-map, jarak itu jauh. Saya menolak dengan halus, karena ingin naik transyogya. Sebelum ke Yogya, saya sudah googling, dan mencari info tentang Yogya. Saya hanya menemukan satu orang itu, tidak menemukan tukang ojek atau calo yang lain. Calo transportasi mudah diidentifikasi dari gerak tubuh dan terlihat berkumpul dalam kelompok kecil.



Salah satu masalah kota adalah banyaknya calo transportasi di setiap bandara, terminal, dan pelabuhan. Mereka mendekati pendatang yang tidak mengetahui kondisi/situasi kota dan menawarkan jasa. Jasa transportasi yang mereka tawarkan tidak standard dan tentu jauh dari kenyamanan. Kemudahan mengakses transportasi public akan mengurangi calo transportasi di bandara.

Papan petunjuk yang jelas, serta beragamnya pilihan jenis transportasi public menuju pusat kota/kawasan wisata memudahkan pendatang menentukan pilihan transportasi dan tidak perlu bertanya-tanya karena informasi yang tidak jelas.

Jalur yang saya lalui menuju transyogya akses penyandang disabilitas. Perbedaan ketinggian lantai menggunakan ramp, papan petunjuk arah dan huruf yang digunakan jelas. Pegawai transyogya juga menjelaskan dengan detil, ketika saya mengatakan lokasi turun.

Safitri Ahmad
Writer, landscape architect, urban planner



No comment for Papan Petunjuk dan Transportasi Publik dari Bandara Adi Sucipto Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *